Senin, 01 Juli 2013

Air Terjun Blawan, Air Terjun Unik Dan Hangat Di Indonesia

Ada air terjun unik di Indonesia, tepatnya di air terjun Blawan di Bondowoso, Jatim. Air tersebut tidak memiliki air yang dingin malah terasa hangat dan menimbulkan uap. Terletak dekat dengan Kawah Ijen, Air terjun ini sudah banyak dikenal oleh wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Air terjun Blawan ada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 3 meter dengan warna kekuningan yang terdapat karena adanya belerang yang mengalir dari mata air atau resapan belerang dari Kawah Ijen.


Merupakan bagian hilir dari Kali Pahit yang menjadi tempat pembuangan air dari Kawah ini. Dan akan terus mengalir dan bermuara langsung ke dalam tanah dan terakhir berada di daerah Asembagus, Kabupaten Situbondo lalu ke Laut Jawa merupakan beda air terjun unik di Indonesia ini.

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun ini dapat menggunakan angkutan desa dari Bondowoso ke Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Dan diteruskan dengan memakai ojek sampai ke loket. Sesampai disana, anda akan berjalan kaki naik turun tangga 2 tebing.

Berjalan mendaki dan turun naik tebing, anda akan melihat pemandangan alam dan menikmati kesegaran hutan yang bebas polusi, dengan hijaunya pohon dan tebing yang akan menghiasi sekitar perjalanan. Apalagi dengan air terjun yang ada disana.

Sesampai di air terjun unik di Indonesia tersebut anda akan melihat kabut tipis yang ada di atas air terjun yang ada karena adanya uap panas tersebut. Disana akan ada tempat untuk berendam air hangat dari kolam air hangat yang disewakan untuk para pengunjung. Terdapat juga kolam renang alami yang katanya merupakan pemandian Dhamar Wulan.

Ada juga tempat wisata lain yang ada di lokasi air terjun yaitu Kawah Ijen dan perkebunan strawberry Kalisat Jampit. Untuk fasilitas dan akomodasi, ada dalam kawasan Kalisat, Jampit di Penginapan PTPN XII. Dekat dengan rumah Administratur perkebunan. Biaya kamar yaitu Rp 170.000 untuk kamar dengan jendela dalam dan Rp 210.000 untuk kamar dekat dengan jalan.


Untuk anda yang suka dengan petualangan alam, dapat bermain ke Gua Kapur yang hanya berjarak 75 m dari air terjun Blawan. Letaknya sedikit dibelakang jalan dan di pinggir tebing yang ditutupi dengan rimbunnya tanaman hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar