Jumat, 21 Juni 2013

Danau Kelimutu, Danau Dengan Kawah Tiga Warna Di Ende

Danau Kelimutu di Ende, NTT, menjadi tujuan wisata yang sudah terkenal di dunia. Hal ini karena kawah di danau ini yang mempunyai tiga warna di dunia. Melakukan perjalanan wisata di Ende akan lengkap dengan menikmati keindahan danau tiga warna ini.

Perjalanan menuju Danau Kelimutu ini ditempuh dengan jarak sekitar 2,5 jam dengan jalur yang tidak rata dan berkelok. Namun di sepanjang jalan, anda akan melihat pemandangan yang indah dan mempesona. Akan ada bukit dan lembah hijau dengan sawah yang indah. Gunung Kelimutu (1.640 mdpl) ada di dalam kaldera Sokoria dengan Gunung Kelido (1.641 mdpl) dan Gunung Kelibara (1.630 mdpl).


Di atas Gunung Kelimutu inilah akan ada 3 sisa kaldera yang menyebabkan danau tiga warna. Ketiga kawah tersebut dengan nama Tiwu Ata Polo (Danau Merah), Tiwu Nua Muri Koo Fai (Danau Hijau) dan Tiwu Ata Mbupu (Danau Biru). Namun terkadang tanpa sebab, warna mereka bisa berganti.

Sesampai di wisata di Ende ini, perjalanan akan lanjut dengan menggunakan kaki selama 20 menit yang akan memasuki hutan menuju Danau Merah dan Danau Hijau. Melewatinya, anda akan menuju puncak tertinggi Gunung Kelimutu yang dekat dengan Danau Biru.

Ada baiknya anda membawa air minum karena perjalanan cukup melelahkan. Disana terdapat cerita yang ada dalam prasasti di Puncak Kelimutu, para penduduk percaya bahwa banyak arwah masyarakat sekitar yang menempati daerah ini dan memasuki Konde Ratu terlebih dahulu.

Tidak mengherankan jika tempat ini mejadi cukup keramat dengan cerita yang melegenda. karena itu ada baiknya tetap hati-hati dan menjaga serta menghormati tempat ini. Tetaplah gunakan jalur yang sudah ditentukan. Bahkan tempat ini juga terkenal dengan kebersihannya.


Di Danau Kelimutu sosialisasi sangat baik. Kebersihannya juga terjaga dari lereng gunung, sampai tangga menuju puncak kawah. Dari puncak, terlihat keindahan Danau tiga warna ini. Begitu mempesona dan indah menjadikan salah satu wisata di Ende ini sangat terkenal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar